MACAM-MACAM ALAT INPUT



ALAT INPUT SUARA

Definisi dari alat input suara adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data suara dari luar sistem ke dalam sistem komputer. Contoh alat input suara antara lain microphone. Microphone merupakan perangkat yang dapat mengubah suara analog menjadi suara digital.



ALAT INPUT TULISAN

Alat input tulisan adalah perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data berupa tulisan ke dalam komputer. Alat ini berfungsi untuk mengubah tulisan tangan atau suara menjadi data digital yang dapat diproses oleh komputer. Contoh alat input tulisan adalah keyboard dan light pen. 


Keyboard merupakan alat input yang terdiri dari tombol-tombol yang difungsikan untuk memasukkan perintah ke dalam sistem komputer.


Light pen adalah alat input yang digunakan untuk memodifikasi atau mendesain gambar dengan screen. 

ALAT INPUT CAHAYA

Alat input cahaya adalah perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data berupa gambar atau objek ke dalam komputer. Alat ini berfungsi untuk mengubah cahaya menjadi data digital yang dapat diproses oleh komputer. Berikut adalah beberapa contoh alat input cahaya:


Kamera adalah alat input yang digunakan untuk menangkap gambar atau video. Kamera terdiri dari dua jenis, yaitu kamera analog dan kamera digital. Kamera analog menggunakan film untuk menangkap gambar, sedangkan kamera digital menggunakan sensor gambar untuk menangkap gambar.


Scanner adalah alat input cahaya yang digunakan untuk memindai dokumen, foto, atau objek lainnya. Scanner bekerja dengan cara memancarkan cahaya ke objek yang akan dipindai. Cahaya yang dipantulkan oleh objek kemudian ditangkap oleh sensor dan diubah menjadi data digital.


Webcam adalah alat input cahaya yang digunakan untuk menangkap gambar atau video. Webcam biasanya terpasang di layar komputer atau perangkat lain. Webcam dapat digunakan untuk melakukan video call, konferensi video, atau membuat konten video.

ALAT INPUT GERAKAN

Alat input gerakan adalah perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data berupa gerakan ke dalam komputer. Alat ini berfungsi untuk mendeteksi gerakan pengguna dan mengubahnya menjadi data digital yang dapat diproses oleh komputer. Berikut adalah beberapa contoh alat input gerakan:


Mouse adalah alat input gerakan yang paling umum digunakan. Mouse memiliki sensor yang dapat mendeteksi gerakan mouse pada permukaan datar. Gerakan mouse kemudian diubah menjadi gerakan kursor pada layar komputer.


Joystick adalah alat input gerakan yang digunakan untuk bermain game atau simulasi. Joystick memiliki tuas yang dapat digerakkan ke berbagai arah. Gerakan joystick kemudian diubah menjadi gerakan objek pada layar komputer.
 

Sebelum blog ini diakhiri, barangkali dari para pembaca masih belum paham tentang penjelasan di atas, serta masih ingin mencari penjelasan lebih dalam lagi mengenai alat-alat input komputer. Berikut adalah link video pembelajaran mengenai alat-alat input komputer yang dijelaskan di atas.

Komentar